Benarkah Olahraga untuk Perempuan Bisa Membuat Kulit Sehat? Ini Jawaban Ahli

– Ada banyak manfaat olahraga untuk perempuan, salah satunya adalah dapat menyehatkan tubuh dan mempercantik kulit. Selain melakukan perawatan, kulit yang sehat dan cantik bisa didapatkan dengan melakukan olahraga untuk perempuan yang rutin dilakukan. Efek olahraga untuk perempuan meningkatkan aliran darah ke kulit dan mengingkatkan aliran getah bening yang menurunkan kantung mata, menurut Leslie Baumann, MD, dermatolog di Miami, melansir dari EverydayHealth.

Tak hanya itu, olahraga juga memiliki manfaat mencegah penuaan kulit lo! Olahraga untuk perempuan yang rutin dilakukan dapat membuat perubahan kulit pada tingkat sel mitokondria. Menurut Dr. Leslie, sel sel mitokondria ini membuat bahan kimia yang dikenal dengan Adenosina trifosfat (ATP) yang mendorong semua fungsi sel.

ATP diperlukan untuk memperbaiki kerusakan kulit dan membuat komponen yang membuat kulit awet muda, seperti kolagen dan asam hialuronat. Seiring bertambahnya usia, mitokondria membuat lebih sedikit ATP dan belum ada obat atau terapi yang terbukti mengembalikannya ke kemampuan fungsional yang lebih muda. Namun, olahraga dapat memperbaiki mitokondria kulit dan dapat membuat seseorang terlihat lebih muda.

Olahraga untuk perempuan seperti berlari di treadmill dapat menciptakan hormon endorfin yang memberikan perasaan senang. Rupanya, endorfin ini memengaruhi sel sel kulit untuk mencegahnya dari penuaan. Caranya yakni endorfin mengurangi efek stres kronis yang tidak sehat bagi kulit.

Tak hanya itu, olahraga dapat membuat pola tidur lebih teratur dan nyenyak. Seperti yang diketahui bahwa kurang tidur dapat menyebabkan stres yang juga berpengaruh pada masalah kulit. Lantas jenis olahraga untuk perempuan apa yang dapat meningkatkan kesehatan kulit?

Ada dua cara untuk membuat kulit sehat dengan olahraga. Jika ingin mengubah kulit pada tingkat sel dengan meningkatkan fungsi mitokondria. Latihan beban dan daya tahan merupakan pilihan terbaik yang dapat dilakukan, menurut Dr. Leslie.

Kemudian, pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) juga dapat menciptakan adaptasi yang mirip dengan latihan ketahanan. Selain itu, pertimbangkan olahraga yang dapat membantu menghilangkan stres dan tidur nyenyak. Melakukan yoga juga dapat dilakukan untuk melawan stres lho, Kawan Puan.

Pada akhirnya, olahraga untuk perempuan yang dilakukan secara rutin seperti jogging juga dapat membuat kulit sehat. “Saya perhatikan pada pasien saya yang banyak berolahraga, kulit mereka tampak lebih kencang. Itu hanya kesan yang saya miliki, dan penelitian perlu dilakukan,” ungkap Dr. Leslie. Walau olahraga dapat memberikan efek pada kesehatan kulit, namun hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Namunkebiasaan olahraga tersebut perlu rutin dilakukan ya demi bisa mendapatkan manfaatnya untuk kebugaran tubuh dan kulit! (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.