Pengertian dan Jenis Variabel Cost

Semua bentuk usaha, baik itu perusahaan kecil, UMKM, perusahaan di bidang jasa, perusahaan dagang, bahkan manufaktur dalam mengoperasikan usaha tentu akan memerlukan sebuah biaya. Yang mana biaya tersebut memang diperlukan mulai dari biaya untuk melakukan proses produksi hingga pemasaran dari produk yang akan dijual.

Biaya-biaya tersebut nantinya akan dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain yakni, biaya tetap, biaya variabel, biaya langsung, biaya semi variabel, biaya tidak langsung dan biaya lainnya. Namun dalam artikel kali ini akan diulas mengenai masalah variable cost atau biaya variabel. Bagi anda yang ingin mengetahui info lebih lanjut, sebaiknya simak ulasan di bawah ini hingga tuntas !

Apa itu yang Dimaksud dengan Variable Cost ?

 

Secara sederhana disini variabel cost adalah biaya yang mana bergantung terhadap hasil produksi. Biaya produksi variable ini merupakan jumlah konstan dalam tiap unit produksi. Ketika di sini jumlah output meningkat, maka variabel cost pun juga cenderung akan mengalami peningkatan.

Begitu juga sebaliknya, ketika jumlah produk yang dihasilkan sedikit, maka biaya variabel ini juga akan cenderung lebih menurun. Variable cost adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan secara tidak menentu dan berubah-ubah berdasarkan pada jumlah dari produk yang mereka produksi.

Atau bahkan dapat juga disimpulkan disini bahwasanya variabel cost sangat bergantung pada perubahan aktivitas usaha dalam menghasilkan barang. Variable cost itu sendiri memiliki beberapa jenis yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain yakni :

  • Jenis-jenis dari variabel cost antara lain yaitu direct cost yang sering juga disebut dengan biaya langsung terkait dengan produksi.
  • Dan untuk yang kedua yaitu variable overhead cost yang merupakan biaya yang berkaitan dengan intensitas dari sebuah perusahaan dalam melakukan proses produksi.
  • Selanjutnya yakni semi variable cost, yang mana ini adalah biaya yang mempunyai elemen tetap, namun memiliki biaya variabel yang termuat di dalamnya.
  • Dan untuk yang terakhir yaitu rasio variabel cost, biasanya akan dipakai dalam laporan biaya yang membuat biaya proses produksi sebuah perusahaan.

Nah, itulah yang dapat di uraikan di atas mengenai pengertian dan variable cost, semoga artikel ini dapat membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.