Rutin Ngecek 5 Komponen Ini Bikin Motormu Terhindar dari Risiko Mogok Saat Cuaca Hujan

Musim hujan telah tiba. Cuaca hujan biasanya berisiko mendatangkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, termasuk di ruas jalan yang bisa menyebabkan kendaraan kita mogok. Paparan air hujan juga berisiko mengganggu kinerja sejumlah komponen kendaraan. Karenanya, pemilik motor harus lebih memperhatikan kondisi komponen motor agar tetap aman dan nyaman saat digunakan.

Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) kasih tips buat pengendara. "Menghadapi kondisi hujan pengendara motor harus lebih berhati hati saat di jalan. Tidak hanya itu, perawatan motor pun harus dilakukan di musim hujan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan beraktivitas," ujarnya. Menurut Muslian, hal pertama yang jadi perhatian di musim hujan adalah kebersihan motor.

Anda disarankan segera guyur motor dengan air bersih setelah terkena hujan agar kotoran yang menempel dan berisiko merusak komponen bisa hilang. Kedua, Anda juga disarankan mengecek dan melumasi rantai karena kondisi hujan bisa membuat rantai cepat kering dan mudah berkarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.